Wednesday, July 2, 2008

Reinkarnasi : Mengapa Kita Perlu Dilahirkan Berkali-kali

Jiwa manusia itu kekal. Meskipun tubuh fisik mati, jiwa/rohnya nggak ikut mati. Kematian hanyalah sebuah tansisi ke kehidupan selanjutnya. Reinkarnasi sayangnya hanya di ketahui sebagai "kelahiran-kembali". Padahal BUKAN ITU esensinya. Pada bagian akhir artikel saya sajikan esensi konsep reinkarnasi yang jarang diungkap. Pastinya akan mengguncang iman kita he he he ...(siap?). Tertama bagi yang terbiasa menjalankan agama dengan otak kiri(logika dan matematika).
Kesulitan posting kali ini adalah bagaimana menjelaskan konsep reinkarnasi dengan singkat dan mudah di mengerti. Untuk itu saya membagi menjadi 2 bagian penjelasan :
A. Reinkarnasi sepanjang sejarah peradaban dan agama.
B. Reinkarnasi dilihat dari ilmu pengetahuan terkini (medis dan fisika kuantum).
Jadi ? Dah siap untuk terguncang? Cepat cari pegangan....!


A. Reinkarnasi sepanjang sejarah peradaban dan agama.

Konsep reinkarnasi telah dianut oleh separuh populasi dunia selama ribuan tahun. Orang-orang di Asia,Afrika,Amerika,Australia dan Eropa percaya bahwa kematian bukanlah akhir. Dan kita akan dilahirkan kembali dengan tubuh yang lain.

Orang Mesir kuno menguburkan mantra-mantra gaib bersama orang-orang mati dengan tujuan agar mereka dapat dilahirkan kembali dalam bentuk apapun yang mereka inginkan.
Di Yunani ratusan tahun sebelum masehi kaum Orphic percaya ada sisi gelap dan sisi terang manusia. Dalam kelahiran berkali-kali itulah manusia belajar melenyapkan sisi gelap dan akhirnya menjadi terang sepenuhnya.

Ajaan-ajaran kaum Orphic inilah kemudian di anut oleh Phytagoras. Bahkan dia mampu untuk mengingat kehidupan-kehidupan lalunya sebagai seorang prajurit Troya bernama Euphorbus,seorang peramal bernama Hermotimus yang di bunuh oleh lawan-lawannya,seorang nelayan Cypriot bernama Pyrrhus,seorang pelacur di Phoenicia,seorang petani di Thrace dan istri seorang penjaga toko di Thrace.

Di Timur reinkarnasi adalah landasan utama dalam iman Hindu,Buddha,Jin,Sikh. Walau awalnya reinkarnasi tidak di kenal dalam agama Shinto, tapi setelah Buddhisme masuk ke Jepang di abad 12 lambat laun reinkarnasi mulai menjadi bagiaan sistem kepercayaan di sana.

Reinkarnasi bukanlah bagian dari iman Islam dan Kristen. Tapi kaum sufi sungguh-sungguh menerima konsep kelahiran kembali ini. Jallaludin Rumi dengan tegas mengatakan : " Setelah ini aku masih akan dilahirkan sekali lagi sebagai manusia. Setelah itu aku akan dilahirkan sebagai malaikat (dewa). Selanjutnya aku akan dilahirkan ke dalam bentuk yang masih belum aku pahami".
Reinkarnasi memainkan peran penting pada iman Kristen awal. Tapi pada tahun 553 M dewan kota Konstantinopel menetapkan bahwa reinkarnasi sebagai doktrin bidah. Reinkarnasi kembali di cap bidah oleh dewan kota Lyons pada tahun 1274 dan Florence pada tahun 1493. Memaksa para penganutnya untuk bergerak di bawah tanah.

Pada periode reinasans di Eropa bangkit ketertarikan atas gagasan-gagasan Pytagoras,Kaballah,Platonisme. Leonardo da Vinci adalah salah seorang di masa itu yang menerima gagasan reinkarnasi.

Reinkarnasi banyak di sebut-sebut dalam kitab Bhagawad Gita dan Upanishad orang India (Hindu kuno). Dalam Buddhisme tujuan utamanya adalah terbebas dari siklus kelahiran kembali yang yang tak berujung akhir dan mencapai Nirwana. Sedang ayat-ayat rujukannya di Alquran dan Injil banyak di sukai.

Ketertarikan reinkarnasi di Eropa dan Amerika semakin berkembang di abad 18 dan 19. Benjamin Franklin dan Thomas Paine menulis tema-tema tentng itu di Amerika. Sementara secara bersamaan Voltaire,Victor Hugo,George Sand,Gustave Flaubert di Perancis, Goethe,Immanuel Kant,Lessing di Jerman dan David Hume,Alexander Pope di Inggris mendidik publik dengan subyek reinkarnasi.

Di periode selanjutnya Edgar Cayce (1877-1945) adalah pendukung kuat reinkarnasi. Mula-mula ia menyebut reinkarnasi dan karma saat sedang trance. Karena ia belum pernah mendengar tentang ini sebelumnya,Ia lalu beranggapan bahwa reinkarnasi adalah ajaran kaum kafir. Rekan-rekannya mendorong untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Setelah beberapa kali percobaan ia menyimpulkan bahwa itu semua tak ada hubungannya dengan kekafiran. Keberhasilannya untuk melihat kehidupan-kehidupan lau orang lain makin mengefektifkan dirinya dalam memperlakukan pasien-pasiennya. Antara tahun 1923-1945 Cayce telah 2500 kali membaca kehidupan-kehidupan lalu orang lain yang data-datanya disimpan oleh Association for Research and Enlightment di pantai Virginia.

B.Reinkarnasi dilihat dari ilmu pengetahuan terkini (medis dan fisika kuantum).

Saat tubuh fisik mati, ia akan terurai kembali menjadi partikel. Tapi jiwa/roh kita yang berbentuk medan energi tak ikut mati. Karena energi tak bisa mati. Ada hukum fisika tentang kekekalan energi,bahwa energi tak bisa dimusnahkan hanya berubah bentuk. Nah saat orang meninggal kemana energinya? Kita nggak bisa melihat energi orang yang baru meninggal karena sub-sub atomnya berputar sangat cepat diluar jangkauan mata. Tapi medan energi itu tetap ada berbentuk potensi. Potensi untuk dilahirkan kembali.

Kelahiran kembali baru akan terjadi kalau medan energi ini telah mendapatkan stimulus-stimulus yang sesuai dan dibutuhkannya. Apa sih stimulus-stimulusnya? yaitu berupa frekwensi-frekwensi yang seirama yang sesuai dengan yang dimilikinya.
Dan ini ada hubungannya dengan kehidupan sebelumnya. Misalnya seseorang yang semasa kehidupan sebelumnya mempelajari musik maka dia akan "memilih" terlahir di keluarga pemusik. Atau bila ia sebelumnya banyak berbuat kejahatan maka ia akan "memilih" lahir di keluarga penjahat. Karena memang stimulus-stimulus yang mirip dengannya didapatkan disana.
Tapi tetap ada pengecualian. Misalnya seseorang pemilik medan energi berkualitas tinggi bisa memilih lahir di dalam keluarga yang kualitas medan energinya rendah. Biasanya karena ada keterikatan khusus dengan keluarga tersebut dalam beberapa reinkarnasi sebelumnya. Atau keinginan untuk membantu keluarga tersebut.
Para nabi adalah contoh konkrit bagaimana seseorang yang medan energinya berkualitas tinggi rela dilahirkan kembali sebagai manusia dengan misi mulia yaitu menolong sesamanya.
Dan sepanjang sejarah bila pada satu kaum terjadi kemerosotan moral dan kualitas hidup, maka pada kaum itu akan lahir seseorang yang akan memperbaiki derajat dan kualitas kaum tersebut.

Dan disini kita melihat bahwa kelahiran adalah PILIHAN. Itulah esensi terpentingnya.
Artinya kita memilih berdasarkan kehidupan lalu kita dan stimulus-stimulus yang kita butuhkan. Artinya lagi apa? Artinya bahwa kita telah memilih di keluarga mana kita lahir. Kita telah memilih ingin dilahirkan oleh siapa. Kita telah memilih orang tua kita. Kita telah memilih tubuh yang sedang kita pakai ini sebagai kendaraan kita di dunia fisik.

Maknanya apa? Maknanya adalah pasti ada suatu misi khusus yang harus kita tuntaskan disini. Rasanya nggak mungkin Tuhan membuat kita terlahir disini tanpa tujuan. Banyak yang berpendapat bahwa tujuan kita hidup di dunia hanya untuk menyembah Tuhan. Lah emangnya Tuhan butuh untuk di sembah? Inilah yang harus kita cari tahu.
Mengapa kita memilih terlahir di sini,di keluarga ini, dengan tubuh ini ?

Pastinya setiap orang punya misi yang berbeda-beda. tapi ada satu tujuan yang sama yaitu bagaimana terbebas dari siklus kelahiran kembali. Sehingga kita benar-benar bisa kembali kepada NYA. Sang pencipta kita. Seperti yang telah diungkap oleh semua agama.
Semua itu hanya bisa tercapai bila tingkat kesadaran,awareness kita telah mencapai puncaknya. Telah sampai pada maqom (tingkat,perhentian) yang paling atas. Sementara kita sekrang masih bermain-main pada maqom-maqom tingkat rendah. Untuk itulah kita harus terus dilahirkan kembali ke dunia fisik. Karena roh kita memerlukan tubuh sebagai kendaraan untuk meningkatkan kesadaran.

Jadi kita nggak punya pilihan untuk terus belajar dan nikmati hidup ini. Lah kan ini dah jadi pilihan kita !

24 comments:

Anonymous said...

aku pernah baca kalo yahudi orthodox juga percaya reinkarnasi

jika pada akhirnya manusia bereinkarnasi, maka konsep surga neraka jadi gak nyambung dong ya

nindya said...

dulu aku suka nonton film India di TV.. trus sering ada tokoh utama mati tp hidup lagi.. ktnya ya reinkarnasi itu hehehe...

AHEAD said...

keren !!

gw suka yang bagian dari fisika kuantum dan medis...

Jadi agak percaya2 engga gitu gw...
huhuhu!!
mantab luw seez!

dee said...

klo dlm islam, ga dikenal reinkarnasi. jd sy sih ga percaya hehe...

seezqo said...

Nita :
Lah surga dan neraka kan ada disini sekarang, Konsep surga dan neraka yg dmaksud Islam dan kristen dah ada sebelum kedua agama itu ada.

Nindya:
Kalau mati hidup lagi dengan tubuh yg sama itu mati suri, kalo mati hidup lagi dengan tubuh lain baru renkarnasi. Penggemar film India ya mbak :)

Ahead:
Karena spiritualitas sama sains nggak bisa dipisahin ya harus dilihat kedua sisinya. Awas jangan percaya gitu aza ...

Dee :
Secara umum reinkarnasi nggak dibahas dalam Islam maupun Kristen. Tapi kaum sufi benar-benar mempercayainya :)

Anonymous said...

klo reinkarnasi boleh milih, gw pengen terlahir jadi Halle Berry yang sekseehhh... hehehehe...

Anonymous said...

Kalau reinkarnasi saya kurang paham, hanya menurut penalaran saya bahwa kehidupan jiwa (soul, bathin, sukma, nyawa, dsb) itu abadi. Logikanya begini, jiwa itu dari Tuhan atau ciptaan Tuhan, dengan demikian jika jiwa itu bisa mati atau hancur, maka Tuhan telah mengingkari hasil ciptaannya sendiri. Inilah yang disebut dengan keabadian jiwa. Mengenai reinkarnasi saya kurang paham, mungkin membutuhkan extra sensory perception untuk mengungkapnya, ya benar kalau di Islam dengan pendekatan sufisme.

Ivana said...

Mmm...
setau saya, kalo reinkarnasi itu kan perwujudan karma kita,baik maupun buruk. Nah, ada yang janggal dalam konsep itu (sekalian nanya2 pas ada ahlinya,hehehe)
seandainya ada orang yang berbuat jahat dan katakanlah dia jadi anjing, kalo dia jadi anjing kan hidupnya sembarangan. Gimana bisa memperbaiki nasibnya?

seezqology said...

Precious Gift :
Jangankan jadi Halle Berry, jadi yg lebih cantik n seksi bisa kok :) Tapi yg terpenting sih fokus sama kehidupan sekarang sebaik-baiknya. Jadi kalau seandainya masih harus terlahir kembali yah dalam bentuk yg baik dengan takdir yg lebih mudah :)

Laporan:
Betul, Tuhan pasti punya tujuan mulia atas makhluk ciptaan Nya. Jiwa yg berbentuk energi tidak bisa hancur kecuali Tuhan sendiri yg menghancurkan.

Ivana:
Reinkarnasi memang terjadi salah satunya untuk membayar karma(baik dan buruk) yg belum seimbang. Kalau kita banyak berbuat baik(pahala) yah kita terlahir dengan nasib dan takdir yg lebih baik.

Anjing pun punya "kesadaran" tapi sangat jauh dibanding manusia. Bisa aja sekarang dia anjing kampung, siapa tau di kehidupan selanjutnya dia naik derajat jadi anjing ras...
Dan saya bukan ahlinya (di bidang apapun !). Only a traveler in a cosmic world :D

Anonymous said...

Enak dunk ya kalau kita bisa "memilih" banyak hal ketika kita akan dilahirkan kembali he..he... *jadi berkhayal aaah*

Acyhome said...

reinkarnasi kayak film cina aja, nich blog isinya kayak blognya mbah dukun mas :)he3x (jangan marah loe, just kidding)

Ngatini said...

kalo buat aku sih yang reinkarnasi itu manusia, bukan diri kita. yah beda2 tipis lah antara reinkarnasi dan regenerasi.. itu lah yang dibilang di kitab kalo manusia itu abadi..karena selalu lahir kembali..
(aduh..sok tau ya gw..??hihihi)
>.<

dee said...

kalo bs reinkarnasi, sy milih jd doraemon aja deh.. hehehehe..

christi said...

wah pusing jg teori reinkarnasi...
*dee: kok mau2-nya jd doraemon..

seezqology said...

Ani:
Iya Mba, enak kan? menghayalnya yg bagus-bagus aja ya :)

Acy:
Aku emang dukun he he he tapi gak buka praktek cuma untuk diri sendiri n seru2 an aja :)

Ngatini:
Yang dimaksud diri sendiri siapa ya ?

Dee:
Pasti karena kantong ajaibnya ya?
Kalu kamu jadi Doraemon aku mau deh jadi Nobitanya, kan enak tuh tinggal minta apa aja ke Doraemon :)

Cristi:
Masih bingung Mba?
Wah berarti aku belum berhasil menjelaskannya.

dee said...

betul skali, pak.. sy pengen punya kantong ajaib, hehehehe...

Anonymous said...

O begitu yaa...selama ini saya cuma nonton filem ttg reinkarnasi saja tanpa "mengerti" akan reinkarnasi itu sendiri, thanks ya infonya :)

Anonymous said...

REinkarnasi itu gak ada, kata kang dicky ketua LSBD HI, dia berani membuktikannya, siapa yang berani menantang dia siap melayaninya

Anonymous said...

waduh maaf deh klo cuma gituh sih cemen
di agama gw nggak kenal kaya gituan RENKARNASI RENKAR KETAN apa RENKAR TAPE yah basi klo gini nggak goncang iman sama sekali
logika:
populasi manusia selalu bertambah dari masa kemasa klo gitu ambil dari mana jiwa yang nambah emang bisa dibagi2 1 jiwa untuk 5 orang lahir baru hahahah lucu kali
Agama:
klo renkarnasi bener trus nanti yang di tuntut atas perbuatanya roh yang pernah tinggal dibeberapa jasad giimana??? bisa jadi dulu garong sekarang jadi ulama atau sebalik nya percuma dong heheeh
makanya kalo bikin tesis tuh dipikirin dulu orang Darwin aja blom tentu bener tesisnya tentang evolusi dan udah pasti nggak bener karena blom ada yang bisa buktiin sampe sekarang hehehee.

klo bener ada yang bisa buktiin tesis renkarnasi coba deh tesis gw cam kan!!!!!

menurut agama gue (Islam) saat manusia lahir diikuti SETAN dan menjadi "teman setia" sampe kita mati tugasnya ya gangguin iman kita kaya tulisan diatas (menyesatkan) trus waktu kita mati setan itu nggak ikut mati dia bisa menggoda manusia yang lain sehingga memori yang kita punya terbawa oleh setan tersebut, untuk menyesatkan manusia di keluarkanya ide renkarnasi oleh setan tersebut, mungkin saja setan yang bersama kita dulu pernah bareng hidup sama John lennon atau mungkin juga firaun gitu bisa aja kan, itu yang mungkin mengilhami setan untuk memunculkan memori orang yang pernah ditiinggalkannya dahulu untuk di masukan kedalam ingatan atau memori orang yang hidup sekarang, bisa berupa mimpi atau saat diHipnotis mungkin.
dan tesis gw ini udah ada buktinya kok coba cari artikel tentang Ruqyah
begitu bro ati2 dengan iman karena tipu daya setan itu sesungguhnya sangat lemah ok chao.......

Anonymous said...

ngapain ente memaksakan sebuah konsep agama budha kepada penganut agama islam, kristen, dan lainnya? gak akan nyambung, broer.

sama konyolnya jika anda mengatakan bahwa "gerakan sholat itu baik itu kesehatan" & anda mengajak non-muslim untuk melakukan sholat. atau mengajak umat islam untuk melakukan misa bersama dengan alasan "mencari ilmu atau hikmah".

untukmu agamamu, untukku agamaku, bung!

apa yang bisa dibanggakan jika banyak sufi mendukung konsep reinkarnasi? apakah itu akan menjadikan konsep reinkarnasi menjadi sebuah kebenaran? tidak!

kebenaran hanya datang dari Allah. dan Allah telah menurunkannya lewat Al-Qur'an, sunnah Rasulullah serta sahabat2nya. jika ada pemikiran manusia yang bertentangan dengan hal tersebut, ya jelas bakal tertolak secara otomatis.

sebelum ente ngemeng panjang lebar tentang sesuatu hal, lebih baik ente pelajari hal tersebut secara mendalam. minimnya ilmu & besarnya mulut akan mempermalukan diri sendiri, kawan..

Anonymous said...

Semoga saja itu benar. karena kita semua semakin menjadi gila. gila harta, gila wanita, gila uang, gila online, gila chating, dll

Anonymous said...

Hanya orang yang pernah ke ancol dan dan ke taman mini lah yang bisa bercerita tentang lokasi, keadaan dan bagaimana mencapai tempat tersebut...

Kesadaran dan kedalaman seseorang dalam perjalanan hidup dan spritual nya pun berbeda2.

Tidak ada yang mesti diperdebatkan, pertanyaannya adalah...
Sejauhmana anda itu tahu bahwa anda tahu.. dan sejauhmana anda itu tahu bahwa anda tidak tahu..

Itulah kejujuran... don't judge d book from d cover... pahami, teliti dan buktikan... bahwa yang benar itu adalah benar dan buktikan bahwa yang keliru itu benar2 keliru.

Ingat!! bahwa agama itu adalah akal, tidak ada orang yang beragama tanpa menggunakan akalnya. (hadist)

Unknown said...

Saya sangat percaya dgn reinkarnasi.itu dari hasil perenungan saya sendiri.karena kita tidak bisa memilih lahir dimana,sebagai anak siapa ,dari suku apa,dll.tapi saya juga sangat sangat percaya bahwa sebelum agama Hindu dan Budha lahir ,banyak orang yg sudah percaya tentang tentang reinkarnasi .

Dimas said...

Saya islam dan sangat percaya terimakasih penjelasnya...