Tuesday, April 1, 2008

Meditasi Sederhana 1

Ok Friends, Saya akan memberikan satu tips latihan meditasi sederhana. Saking sederhananya banyak orang yang tidak bisa atau tidak mau melakukannya karena menganggap remeh latihan ini. Padahal sebenarnya latihan sederhana ini sangat dahsyat hasilnya bagi perkembangan diri kita baik secara jasmani maupun rohani.
Meditasi adalah kegiatan yang praktis artinya cuma terasa manfaatnya bila langsung di praktekkan, bukan terlalu banyak di teorikan.
Ok kita langsung masuk saja ke latihannya.


Tempat dan waktu bisa di mana saja dan kapan saja, walau waktu yang paling nyaman adalah saat baru bangun tidur di pagi hari atau saat mau tidur di malam hari.

Pertama, cari posisi yang nyaman bisa duduk bersila, duduk bersimpuh atau duduk di kursi tanpa bersandar,dengan kedua tangan berada di atas kedua paha dan telapak tangan dalam posisi terbuka. Buatlah punggung tegak tapi pundak tetap rileks tanpa terlalu kaku.
Lalu mulailah bernafas dengan nafas perut perlahan-lahan, rasakan lah dan sadari bahwa kamu sedang bernafas dengan rileks saat ini. Bila ada pikiran-pikiran apapun yang datang, biarkan saja, karena memang akan ada banyak pikiran yang datang dan pergi. Yang perlu di lakukan hanya secara tenang kembali mengarahkan kesadaran kita pada aktivitas bernafas ini.

Yap hanya itu saja latihan yang perlu di lakukan. Mungkin terlihat terlalu sederhana, tapi bila teman-teman bisa konsisten menjalankannya setiap hari, tanpa perlu memakan waktu lama, cukup 10-15 menit setiap kalinya, hasilnya bisa langsung di rasakan.
Apa sih hasilnya ? Itu hanya bisa dirasakan masing-masing individu dan tingkat perubahannya berbeda pada setiap orang.
Yang paling umum adalah merasakan lebih tenang, lebih sehat, lebih bahagia dan rileks,lebih mudah tidur bagi yang insomnia. Tapi bukankah hal-hal tersebut sekarang sudah susah kita dapatkan dalam kehidupan sehari-hari karena tekanan pekerjaan, lingkungan, polusi di jalan, kemacetan, dan segala hal-hal lain yang begitu membuat kita rentan belakangan ini.
Ok selamat menjalankan secara ikhlas, artinya just do it kerjakan saja, nikmati prosesnya tanpa terlalu terobsesi dengan hasilnya. Sukses .......

0 comments: