Tuesday, April 8, 2008

Meditasi Sederhana 2

Kini saya akan memberikan satu praktek meditasi sederhana yang mudah dilakukan. Hanya perlu niat dan menyediakan waktu sekitar 15 menit paling lama.
Posisikan diri boleh dengan duduk bersila atau duduk di kursi tanpa bersandar dengan punggung tegak tapi tidak tegang. Latar belakang musik bukan hal yang utama, tapi bila dirasa bisa membawa ketenangan boleh diiringi dengan musik instrumental yang lembut.


Sekarang pejamkan mata dan bernafaslah dengan nafas perut dengan tenang dan senyaman mungkin. Katakanlah pada diri kamu bahwa kamu sedang merasakan kenyamanan,ketenangan dan kebahagian. Setelah beberapa saat lalu bayangkanlah kamu sedang duduk di tepian kolam, yang penuh dengan aktivitas penghuninya. Dengarkanlah suara-suara katak, lihatlah burung-burung yang berterbangan hilir mudik sambil bersiul riuh, ikan-ikan penghuni kolam yang berlompatan menangkap serangga, desiran angin yang bertiup di permukaan kolam sampai ke dasarnya yang membuat air kolam selalu berombak kecil.
Nikmatilah semua aktivitas dan keriuhan ini, dan pertahankan gambaran ini selama beberapa saat.....

lalu perlahan-lahan suara-suara katak menghilang, burung-burung kembali ke sangkarnya dan tidak beterbangan hilir mudik lagi, ikan-ikan pun tidak lagi berlompatan menangkap serangga, kembali ke dasar sungai untuk berisitrahat, angin juga tidak bertiup lagi.
Kolam menjadi sangat sunyi, tenang,tiada aktivitas apapun, yang ada hanya kesenyapan yang damai.
Sekarang biarkanlah kedamaian yang ada di kolam tersebut masuk kedalam hati kamu, rasakanlah kedamaiaan yang sama, pertahankan suasana hati ini beberapa saat...
Lalu perlahan-lahan bukalah mata kamu, tersenyumlah ucapkan syukur pada Tuhan karena kamu sedang merasakan kedamaian dan kebahagian pada saat ini.

Latihan meditasi ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, terlebih bila kamu sedang merasa stress, kesal, tertekan atau perasaan-perasaan lain yang mengganggu. latihan sekejap ini bisa jadi obat mujarab untuk mengembalikan semangat hidup dan antusias kamu.

Selamat mencoba dan berlatih...

0 comments: