Wednesday, March 19, 2008

Alasan Mengapa Kita Harus Tetap Tersenyum Apapun Kondisi Hati Kita


Dalam film Patch Adams judul diatas bukan omong kosong. Senyum dan tawa menjadi konsep dasar penyembuhan bagi tokoh bergelar doktor kesehatan yg hingga kini masih hidup di West Virginia USA. Seperti terlihat dalam film, banyak pasien tua renta maupun anak-anak yg berhasil disembuhkan maupun sembuh dengan sendirinya, karena dengan tersenyum otak mengeluarkan cairan bernama seretonin yg meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengutip hasil riset para ahli kesehatan, majalah Psychology Today pernah menuturkan nasehat :"Kalau anda melihat seseorang yg tanpa senyum,berikan sedikit senyum yg anda miliki"Alasan dari nasehat itu adalah, ketika seseorang tersenyum, walaupun hatinya tidak sedang dalam keadaan bahagia, otak akan mengeluarkan zatkimia yg tidak hanya mengangkat sistem kekebalan tubuh, tapi juga mengangkat kondisi psikologis nya,semacam pengangkat beban jiwa...



Kesimpulannya, meskipun hanya diminta pura2 tersenyum ternyata menghasilkan efek yg sama dengan yg benar2 tersenyum, Meskipun hanya berpura-pura bahagia, orang dapat membuat dirinya lebih sehat dan bahagia betulan, Inilah yg membuat proses penuaan orang menjadi terhambat, mau kan jadi awet muda?

Menurut riset, manfaat tersenyum ternyata akan berlipat ganda bila ditambah dengan tertawa.Tertawa memberikan relaksasi dan mengurangi stress, Setelah meninggikan sampai jumlah tertentu tekanan darah dan irama jantung, tertawa langsung menurunkannya kembali sehinggasensor2 perseptif meningkat dan anda sanggup mengerjakan tugas dengan lebih baik.

Sebuah study di Amerika menghitung bahwa anak-anak tertawa rata2 400 kali dalam sehari,sedangkan orang dewasa 15 kali sehari, itu berarti bahwa kita sebagai orang dewasa telah kehilangan tawa sebanyak 385 kali....Riset juga membuktikan bahwa mereka yg banyak nonton film komedi lebih bisa menemukan solusi2 kreatif dalam mengerjakan soal2 puzzle.

Dan terakhir, 20 menit tertawa terbahak2 sama manfaatnya dengan 5 menit gerakan aerobik dalam posisi mendayung, Yah kalo lagi males aerobik,kayaknya gampangan ketawa aja sih...
Biar aja dianggap gila karena banyak ketawa, yang penting sehat kan ...

0 comments: